Program Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Ketahanan Nasional Sekolah Pascasarjana UGM Kelas Reguler Angkatan 2018

Mahasiswa Kelas Reguler Angkatan 2018 Program Studi Ketahanan Nasional Sekolah Pascasarjana Universitas Gajah Mada didampingi oleh Ketua Prodi Ketahanan Nasional Prof. Armaidy Armawi, M.Si. mengadakan program Pengabdian Kepada Masyarakat. Tahun ini kegiatan tersebut berlokasi di desa Kadiwono, kecamatan Bulu, Rembang, Jawa Tengah. Kegiatan dibuka pada Senin, 15 Juli 2019 dan akan berakhir pada bulan Oktober mendatang.

Kegiatan pengabdian ini mengusung tema “Inovasi Pengembangan Desa Kadiwono Menuju Destinasi Desa Wisata dalam Rangka Memperkuat Ketahanan Ekonomi di Era Revolusi Industri 4.0” Dipilihnya tema tersebut yaitu berdasarkan potensi desa Kadiwono yang masyarakatnya memiliki semangat kuat untuk membangun suatu desa wisata. Selain itu, dalam rangka memperkuat ketahanan ekonomi nasional, pengembangan model-model inovasi desa semacam ini merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan. Diharapkan, inovasi yang muncul dari desa Kadiwono dengan pendampingan dari Prodi Ketahanan Nasional UGM dapat mendorong terciptanya wilayah yang tangguh.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam program ini yaitu; pertama, pendampingan peningkatan dan penguatan Wisata Rumah Pohon dengan konsep wahana wisata baru yang bersifat kekinian; kedua, pendampingan peningkatan kuantitas dan kualitas promosi destinasi desa wisata terkait Revolusi Industri 4.0; ketiga, penyuluhan pembuatan pakan ternak sapi dengan metode silase; keempat, workshop pengeloalaan desa dan ketahanan ekonomi oleh Prof. Armaidy Armawi, M.Si dan staff Prodi Ketahanan Nasional; kelima, pendataan potensi wisata Desa Kadiwono. Selain itu juga terdapat kegiatan pendukung seperti penanaman pohon dan penambahan fasilitas umum.

Setidaknya terdapat dua kegiatan yang sudah terlaksana yaitu penyuluhan pembuatan pakan ternak sapi dengan metode silase yang diselenggarakan pada 15 Juli 2019 serta workshop pengeloalaan desa dan ketahanan ekonomi pada 20 Juli 2019. Kegiatan tersebut mendapatkan sambutan dan antusiasme dari masyarakat dan perangkat desa Kadiwono. Kepala Desa Kadiwono Ahmad Ridwan, S.H. menyatakan bahwa kehadiran mahasiswa Prodi Ketahanan Nasional UGM diharapkan dapat memberikan pendampingan warga di bidang agribisnis peternakan dan pariwisata.

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*