Adakan Kuliah Lapangan, Prodi Ketahanan Nasional SPs UGM Kunjungi KBRI Bangkok – Thailand

Jumat (04/10/2019), Program Studi Magister Ketahanan Nasional Sekolah Pascasarjana UGM berkesempatan mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang terletak di Bangkok Thailand. Kunjungan ke KBRI Bangkok tersebut merupakan serangkaian kegiatan kuliah lapangan yang diperuntukkan bagi Mahasiswa Magister Ketahanan Nasional angkatan 2018. Diikuti oleh 39 Mahasiswa yang terdiri dari Kelas Kerjasama Kemenpora, Kemenhan dan kelas reguler, program kuliah lapangan ini secara rutin diselenggarakan oleh Prodi Magister Ketahanan Nasional setiap tahunnya dengan mengunjungi berbagai negara. Ketua Program Studi Magister Ketahanan Nasional, Prof. Dr. Armaidy Armawi, M.Si., yang turut serta mendampingi kegiatan kuliah lapangan tersebut menyampaikan bahwa program ini diharapkan mampu memberikan pengalaman dan menambah wawasan bagi para mahasiswa, khususnya dalam kajian ketahanan nasional.

Diterima langsung oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, Prof. Dr. Mustari Mustafa, M.Pd., serta Kolonel ArmRobertus Subono selaku Atase Pertahanan RI untuk Thailand, acara kunjungan dan kuliah lapangan berlangsung lancar dan hangat yang dibuktikan dengan antusiasme mahasiswa pada sesi diskusi. Membawakan tema peran dan fungsi diplomasi kedutaan besar Indonesia di Thailand, Prof. Mustari menyampaikan bahwa KBRI memiliki tugas untuk memperkuat dan menjaga hubungan antar kedua negara.

“Terutamanya adalah menjadi fasilitator dalam melindungi dan melayani para WNI yang sedang berada di Thailand”, imbuhnya.

Prof. Mustari juga menyebutkan bahwa Thailand telah menjadi destinasi yang sangat potensial untuk tujuan kolaboratif dalam berbagai isu, tidak hanya dalam hal ketahanan dan keamanan negara, tapi juga khsusunya pada bidang pendidikan dan pariwisata. Menurut Prof. Mustari, kedepan tren ekonomi tidak lagi berbasis pada SDA, namun akan beralih pada sektor non materi seperti pariwisata.

“Tentunya, hospitality dan security negara menjadi kunci keberhasilan perekonomian berbasis pariwisata,” pungkasnya.

Selain mengunjungi KBRI Bangkok, rombongan dari Prodi Magister Ketahanan Nasional UGM juga berkesempatan mengunjungi Universitas Chulalongkorn untuk membahas tentang studi akademik terkait geopolitik China yang dikenal dengan ‘One Belt One Road Initiative’ (OBOR) dalam bingkai politik, strategi & taktik diplomasi Thailand. Tak hanya itu, beberapa tempat bersejarah di Thailand juga menjadi salah satu destinasi kuliah lapangan. Melalui kegiatan kuliah lapangan yang diselenggarakan pada tanggal 02-05 Oktober 2019 ini, Mahasiswa Magister Ketahanan Nasional Sekolah Pascasarjana UGM mampu menambah wawasan dan perspektif global, serta mampu mengikuti perkembangan Internasional di mana hubungan antar negara saat ini berlangsung semakin kompleks. Harapannya mahasiswa bisa banyak melakukan observasi dan membawa berbagai konsep serta praktik bernegara ketika kembali ke Indonesia. (Shinta)

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*