Pelatihan Pembuatan dan Promosi Produk Minuman Rempah Kekinian

Pada hari senin tanggal 2 Agustus 2021 telah dilaksanakan acara Webinar Workshop pertama Tannasphoria PKM Temanggung yang diselenggarakan oleh Prodi Ketahanan Nasional, Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)  di Kabupaten Rembang Provinsi Jawa Tengah. Workshop-workshop yang ada merupakan rangkaian workshop webinar yang dilaksanakan selama 2 minggu pada awal Agustus 2021. Pada program pengabdian masyarakat di Kabupaten Rembang ini, diangkat tema “Penguatan Desa Sejahtera Mandiri Berbasis Pariwisata dan BUMDes Kadiwono Untuk Peningkatan Ketahanan Ekonomi Masyarakat Masa Pandemi Covid-19”.


Pada workshop ini dipraktekkan pembuatan minuman rempah dengan bahan-bahan seperti Kapulaga, batang sereh, jahe merah, kayu manis, lada hitam, cengkeh, dll. Praktek pembuatan minuman rempah ini dilakukan oleh warga desa Kadiwono dan perwakilan dari siswa-siswi SMAN 1 Pamotan, Jawa Tengah. Masing-masing bahan-bahan dari minuman rempah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh di era pandemi Covid 19 yaitu :
Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan pembukaan oleh MC dan kata sambutan dari Perwakilan Program Studi Ketahanan Nasional, Sekolah Pascasarjana, UGM Bapak Syafiq Effendy. Kemudian sambutan juga diberikan oleh perwakilan dari Desa Kadiwono, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang. Setelah pembukaan berlangsung, pada pukul 09.00 acara inti Webinar kemudian dimulai dan dimoderatori oleh Mayor Czi Akhmad Asrofi, S.T, M.Sc. dengan menghadirkan pembicara yaitu Medi Triastanto, S.E. yang mengangkat pembahasan mengenai minuman rempah dengan merek Ombe Kapulogo Bang Dzakk. Acara ini berlangsung selama tiga jam dengan agenda pemaparan materi dari nara sumber, praktek pembuatan minuman rempah, tanya jawab dan diskusi yang dipandu oleh moderator.

  • Kapulaga. Mencegah dan mengatasi penyakit infeksi. Hal ini disebabkan karena dalam kapulaga terdapat zat yang berperan sebagai antimikroba, yang berarti dapat melawan bakteri tertentu dan jamur selain itu bisa juga untuk mengatasi mulas, kejang usus, batuk, sakit mulut dan tenggorokan, stimulan untuk masalah kecing, melancarkan pencernaan (sembelit).
  • Batang Sereh. Dapat membantu membersihkan zat-zat beracun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Detoksifikasi tanaman seraimembantu membantu melancarkan fungsi berbagai organ tubuh, termasuk fungsi hati dan ginjal.
  • Jahe Merah. Untuk menjaga daya tahan tubuh, mencegah masalah pencernaan dan membantu mengurangi nyeri otot pada sendi dan membantu mengatasi asam urat.
  • Kayu Manis. Mengandung antioksidan yang tinggi yang sangat berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Lada Hitam. Sebagai sumber magnesium, vitamin K, zat besi, dan serat dan juga mengandung piperin yang ketika digunakan dalam aromaterapi akan membantu meringankan sakit otot, masalah pencernaan, dan radang sendi
  • Mengandung energi kalori, karbohidrat, dan serat mengandung mangan, vitamin K, dan vitamin C serta mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin E meski kadarnya sedikit.
  • Gula Aren. Terbuat dari nira pohon atau enau atau biasa disebut aren. Dalam proses pembuatannya, gula aren biasa dicetak menggunakan batok kelapa dengan bentuk pipih dan bundar dan sebagai pemberi aroma, tekstur rasa dan warna yang lebih alami dan menarik.
  • Daun Jeruk Purut. Membantu menjaga memelihara kesehatan mulut, membantu mengurangi peradangan, membantu memelihara kesehatan rambut, menciptakan suasana yang relaks/santai, membantu percepatan penyembuhan sariawan, membantu mengobati batuk
  • Kayu India. Salah satu manfaat nya yaitu berhubungan dengan paru-paru. Diantaranya terdapat anti inflamasi yang mencegah peradangan, sebagai eukaliptus, diduga ada kemampuan anti virus di mana fungsinya menghambat melekatnya virus pada reseptor tubuh. Penyakit terkait pernafasan yang sering menggunakan pengobatan ini adalah batuk, pilek, radang tenggorokan hingga mencegah terbentuknya kanker
  • Merupakan senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan. Rumus kimianya H2O, yang setiap molekulnya mengandung satu oksigen dan dua atom hidrogen yang dihubungkan oleh ikatan kovalen dan Air dalam minuman ini sebagai sarana untuk mewadahi menggabungkan dan melarutkan semua bahan-bahan rempah ramuan ini.

 

Minuman rempah ini sangat bermanfaat khususnya bagi kesehatan masyarakat karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Minuman ini juga dapat memberikan keuntungan ekonomi bagi pembuatnya karena lebih murah dibandingkan membeli obat atau minuman-minuman yang beredar di pasaran. Dengan kegiatan ini, diharapkan masyarakat dan peserta akan mampu mempraktekkan sendiri membuat minuman rempah di rumah asing-masing untuk menjaga kesehatan tubuh di era pandemi Covid-19.

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*