Rangkaian Kegiatan PKM Prodi Tannas di Kampus Mawar (SMK Ma’arif 1 Ngluwar)

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Prodi Magister dan Doktor Ilmu Ketahanan Nasional Pendidikan Berbasis Pembangunan Berkelanjutan dilaksanakan di SMK Ma’arif 1 Ngluwar, Kabupaten Magelang. Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 13 Juli 2022 hingga 18 Juli 2022. SMK Ma’arif 1 Ngluwar atau yang biasa dipanggil Sekolah Mawar merupakan sekolah menengan kejuruan dengan tiga penjurusan yaitu Akuntansi, Tata Boga dan Tata Busana. Pengabdian ini memberikan kombinasi materi yang sesuai dengan kondisi remaja saat ini. Kolaborasi antara pemateri profesional dan Dosen UGM meningkatkan antusias dari siswa Kampus Mawar. Adapun jenis giat PKM yang diadakan di SMK Ma’arif 1 Ngluwar ini meliputi penyuluhan mengenai: 1) self branding; 2) pemanfaatan teknologi informasi pada bidang pengelolaan akuntansi dan keuangan; 3) inovasi, tren dan pengembangan produk di era digital; 4) bincang profesi mengenai tantangan inovasi dalam gastronomi Nusantara; serta 5) virtual exhibition.

Ketahanan Ideologis Remaja didampingi oleh Ardian Rahman Afandi, S.Psi., M.Psi., Psikolog., seorang psikolog yang membidangi psikologi remaja. Dalam pendampingannya, dikenalkan character building, self personality dan ketahanan pribadi. Character building adalah sebuah proses membentuk self image yang baik akan ditampilkan di publik. Pekerjaan yang dilakukan sesuai quality control. Selain karir, self personality. Cara membentuk karakter diri dengan lingkungan. Karakter terbentuk ketika masa sulit sedang terjadi. Kegigihan/resiliensi membuat seseorang lebih mudah menghadapi masa sulit dengan tekad yang kuat.

Pemaparan Materi Ketahanan Ideologi Remaja

Sumber: Dokumentasi Prodi Tannas, 2022.

 

Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Bidang Pengelolaan Akuntansi dan Keuangan didampingi oleh Alfian Febria Listanto. Materi ini menjelaskan tentang Clouds Service Information System for Accounting. Perkembangan teknologi informasi berpengaruh terhadap penerapan akuntansi manajemen perusahaan yang akan menghasilkan informasi secara cepat dan akurat dalam rangka perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan di bidang akuntansi manajemen secara khusus dan manajemen secara umum. Laporan keuangan merupakan salah satu informasi yang dihasilkan dari proses pencatatan, analisis, dan sistem informasi akuntansi untuk mengetahui kondisi dan perkembangan perusahaan. Dengan demikian, kondisi keuangan suatu perusahaan yang buruk dapat diketahui.  Kemajuan teknologi dapat memberikan pengaruh yang baik dalam menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas menurut standar akuntansi yang telah ditetapkan. Adanya aplikasi Qollega dapat memberikan manfaat dan informasi bagi perusahaan untuk memanfaatkan dan beradaptasi dengan teknologi yang semakin pesat, sehingga memudahkan perusahaan dalam menyusun laporan keuangan yang berkualitas.

Pemaparan Clouds Service Information System for Accounting

Sumber: Dokumentasi Prodi Tannas, 2022.

 

 

Inovasi, Tren dan Perkembangan Produk Kuliner Oleh-Oleh Khas Jogja (Eggroll Ubi Ungu) didampingi oleh Muhammad Luthfi Yuniarto, S.Ag. Usaha kuliner sangat diminati karena tidak pernah sepi peminat, keuntungan cukup besar, mudah dilakukan, banyak pilihan, dan menjadi model bisnis food start up. Dengan semakin bertumbuhnya industri kuliner menjadikan andalan sebagai penopang peningkatan ekonomi kreatif. Pangan bukanlah lagi menjadi konsumsi untuk memenuhi kebutuhan biologis manusia saja, akan tetapi sudah menjadi gaya hidup di kalangan masyarakat, yang tidak hanya memberikan cita rasa, tetapi juga kebutuhan untuk berkumpul bersama komunitasnya. Pandemi Covid-19 lalu telah membawa dampak sangat besar untuk sektor kuliner, membuat banyak pelaku usaha untuk menutup usahanya, dan tidak sedikit pula yang mampu bertahan dengan merubah strategi pemasaran atau bahkan merubah menu kulinernya. “Inovasi dan kreatifitas”. Itulah kunci untuk usaha kuliner tetap diminati dan bertahan.

Pemaparan Inovasi, Tren dan Perkembangan Produk Kuliner Oleh-Oleh Khas Jogja

Sumber: Dokumentasi Prodi Tannas, 2022.

 

Kegiatan PKM ditutup dengan Virtual Exhibition. Kegiatan ini merupakan wahana bagi para siswa SMK Ma’arif 1 Ngluwar untuk menampilkan karya-karya yang telah dibuat. Masing-masing jurusan menampilkan produk unggulannya seperti miles crepe oleh siswi jurusan Tata Boga, muslimah dress oleh siswi jurusan Tata Busana dan bagaimana pengoperasian aplikasi akuntansi oleh jurusan Akuntansi. Kegiatan berjalan dengan lancar dan ditutup dengan pemberikan hibah yaitu 18 buah kipas angin dan 1 modem portabel yang diberikan langsung oleh Kaprodi Magister dan Doktor Ilmu Ketahanan Nasional, Prof. Dr. Armaidy Armawi, M.Si. Kegiatan ini diharapkan mampu menginspirasi siswi-siswi Kampus Mawar untuk memperkuat ketahanan pribadi dan semakin tangguh dalam menghadapi masa depan dan mencapai impian.

Virtual Exhibition PKM Tannas SMK Ma’arif 1 Ngluwar

Sumber: Dokumentasi Prodi Tannas, 2022.

 

 

Serah Terima Hibah oleh Kaprodi Magister dan Doktor Ilmu Ketahanan Nasional

Sumber: Dokumentasi Prodi Tannas, 2022.

 

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*